Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skema Rangkaian Galaksi IC 4558

Rangkaian Galaksi adalah sebuah rangkaian yang berfungsi sebagai penguat nada bass dan juga trebel, pada dasarnya rangkaian galaksi ini merupakan rangkaian Op-Amp yang dirangkai dengan beberapa komponen RC ( Resistor Capacitor ) sehingga terangkai sedemikian rupa seperti pada gambar skema dibawah, yang dibuat untuk keperluan penambahan / penguatan bass dan trebel pada sinyal audio yang akan masuk ke rangkaian power amplifier , atau rangkaian pre-amp lainnya.

Skema Rangkaian Galaksi IC 4558 

Berikut diagram skema dan lengkap dengan daftar komponen.

Skema Rangkaian Galaksi IC 4558

Untuk keperluan penguatan sinyal power amplifier rangkaian galaksi ini sangat cocok juga diaplikasikan pada rangkaian amplifier, sinyal input yang masuk semisal dari sinyal audio tape / VCD / hp / media yang lain ke rangkaian power amplifier , diputus dan diseri dengan galaksi 4558 ini.

Input audio yang masuk sudah stereo jadi anda tidak perlu repot - repot menggunakan dua rangkaian jika menggunakan rangkaian galaksi mono. Sinyal input yang masuk akan dikuatkan dan difilter oleh serangkaian IC 4558 dan RC. Apakah fungsi dari pemfilteran pada rangkaian galaksi ini? Fungsinya yaitu sebagai penyaring nada bass dan treebel. Jadi keluaran dari galaksi ini berupa sinyal Bass dan Trebel, namun tidak sepenuhnya keluaran atau output galaksi ini hanya nada bass dan trebel nada vokal atau tengah pun juga ada.

Ini yang membuat rangkaian galaksi ini sangat disukai oleh penggemar audio. Jadi intinya suara yang dikeluarkan , terasa lebih ngecis dan kenceng pada twiter. Dan akan terasa lebih ulem , halus, jedug jedug dan nendang pada speaker bass / subwoofer,  Banyak sekali ya manfaatnya, semua akan terasa jika pemakaian rangkaian galaksi ini dipasang dengan baik dan benar, dan juga didukung menggunakan komponen - komponen yang berkualitas juga.

Itulah kelebihan menggunakan rangkaian galaksi , namun perlu diperhatikan juga untuk kelemahan menggunakan galaksi 4558 ini jika menggunakan power amplifier yang sudah menggunakan banyak Pre-Amp seperti Tone Control, Parametric Tone Control, Rangkaian Equalizer, Rangkaian Turbo Bass, Rangkaian Modul Subwoofer, dll. Maka output atau keluaran akan terlalu over atau berlebihan yang menyebabkan suara malah terasa gember pada bass nya, atau trebel yang terlalu keras malah menyebabkan telinga sakit.

Biasanya saya menggunakan rangkaian galaksi ini pada rangkaian audio yang menggunakan stereo power amplifier, rangkain tone control, rangkaian modul subwoofer, dan rangkaian galaksi 4558 ini. Sangat cocok dan tidak terlalu berlebihan pada penguatan sinyal, jika menggunakan rangkaian power amplifier 60 - 400 Watt.

Tapi kita juga bisa mengakalinya dengan menambahkan swith DPDT sebagai bypass pada sinyal input , jika suara gember maka kita buat jalur saklar DPDT langsung keluar ke power amplifier tanpa melewati rangkaian Galaksi 4558.

Catu Daya

Untuk catu daya rangkaian galaksi ini membutuhkan tegangan supply simetri 12 Volt DC. Jika ingin maksimal gunakan trafo khusus , jangan mengambil dari tegangan power amplifier. Gunakan trafo 350 mA, Dan ambil tegangan 12 V, searahkan tegangan keluaran trafo menggunakan dioda / kiprog dan kapasitor sebagi penyaring dan penyimpan tegangan. Akan lebih baik lagi menggunakan rangkaian Stabilizer 7812. Dengan menggunakan rangkaian catu daya yang bagus maka juga akan mempengaruhi kualitas suara.

PCB Desain bisa dilihat pada video berikut ini , dan apabila anda ingin membeli PCB atau kit dari Galaksi ini anda bisa menghubungi saya pada halaman kontak kami.



3 comments for "Skema Rangkaian Galaksi IC 4558"

  1. Selain pakai iC 4558 apa lagi yang bisa mas wahyu?

    ReplyDelete
  2. Cara bypass sinyal input dari saklar dpdt ke power ampli bagaimana mas???

    ReplyDelete